Home / Profil / Identitas

Identitas

Lembaga Pengembangan Humaniora (LPH) adalah suatu pusat pengkajian dan pengembangan serta penggemblengan manusia agar lebih manusiawi (humanum religiosum); pengkajian dan pengembangan ini meliputi hal-hal yang berkaitan dengan pertumbuhan manusia yang utuh dan sejati. Karenanya, aspek-aspek kognitif, afektif, psikomotorik dan kooperatif menjadi perhatian untuk digali, ditanam dan dikembangkan. Kajian ini dilaksanakan dalam bentuk pendampingan dan pelatihan lapangan di dalam dan di luar kampus.

Aktifitas pendampingan intensif dan profesional dilakukan baik secara berkelompok melalui “Kelas Pendampingan Diri” maupun secara personal melalui konseling. Tema-tema pendampingan cukup beragam dan dinamis sesuai kebutuhan mahasiswa/i itu sendiri. Misalnya, tema mengenai ‘self confidence’‘anger management, ‘deepening religiousity’, ‘overviewing the future’. Dalam pendampingan konseling pribadi, para psikolog menangani masalah-masalah pribadi, relasi, pergaulan, karier dan profesi. Selain daripada itu para rohaniwan/wati siap melayani masalah-masalah sekitar keimanan, religiositas dan etika. Begitupula dalam pengembangan kepekaan estetis dan kehalusan budi pekerti, dengan didampingi oleh beberapa estetikus belajar berapresiasi baik dalam pengungkapan diri maupun dalam ‘pengalaman’ seni melalui musik, drama, tari, lukis, film, fotografi dan media seni lainnya.

Aktifitas pendampingan di luar kampus, para dosen yang mumpuni dan para profesional lain turut bertanggung jawab dalam merealisasikan tujuan pembentukan manusia yang humanum religiosum itu. Beragam gladi diri ditawarkan kepada mahasiswa seperti Gladi Spiritual, Gladi Natural, Gladi Intelektual, Gladi Kreativitas, Gladi Kultural, dsb. Paling tidak mahasiswa dapat mengikuti salah satu aktifitas gladi tersebut dalam masa pendidikan dan pendampingannya selama menjalani kuliah.