Home / Pendampingan / Konseling

Konseling

LAYANAN BIMBINGAN &KONSELING

Dalam dinamika kehidupan, kita mengalami berbagai situasi yang mempengaruhi aktivitas kita sehari-hari. Berbagai perubahan perkembangan dalam kehidupan juga turut berperan serta dalam naik-turunnya perasaan tersebut. Perubahan-perubahan perkembangan dalam kehidupan bisa menjadi pemicu tekanan emosional atau tingkat stress seseorang.

Konseling adalah bantuan secara profesional yang diberikan konselor kepada klien secara tatap muka empat mata yang dilaksanakan interaksi secara langsung dalam rangka memperoleh pemahaman diri yang lebih baik, kemampuan mengontrol diri dan mengarahkan diri untuk dimanfaatkan oleh klien dalam rangka pemecahan masalah dan memperbaiki tingkah lakunya pada masa yang akan datang.

Kegiatan Konseling memiliki tujuan dan hal ini dapat dibagi menjadi 2 yaitu:

  • Tujuan Umum

Tujuan layanan konseling adalah mengentaskan masalah yang dialami klien. Upaya pengentasan masalah klien dapat berupa mengurangi intensitasnya atas masalah tersebut, mengurangi intensitas hambatan danatau kerugian yang disebabkan masalah tersebut dan menghilangkan masalah yang dimaksud. Dengan layanan konseling ini maka harapannya adalah meringankan beban klien dan mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki oleh klien.

  • Tujuan Khusus

Klien menjadi memahami seluk-beluk masalah yang dialami secara mendalam dan menyeluruh dengan cara yang positif dan diinamis. Pemahaman yang dimaksud adalah mengarah kepada dikembangkannya persepsi dan sikap serta kegiatan demi terselesaikannya masalah yang dialami klien secara spesifik.

 

Jadi, tujuan jangka panjang dari sesi konseling ini adalah klien menemukan jalannya sendiri sehingga lebih dapat mengandalkan diri sendiri dalam menghadapi situasi-situasi hidup yang berkelanjutan di masa mendatang dengan cara yang membangun tanpa terus-menerus memerlukan bantuan dari luar.

Dalam prosesnya, kegiatan konseling melibatkan 2 pihak yang saling terkait, yaitu seorang konselor dan klien yang menjalin hubungan profesional. Konseling merupakan suatu proses dan sangat tergantung dari hubungan yang dibangun antara konselor dan kliennya.

  • Konselor; adalah seorang ahli dalam bidang konseling yang memiliki kewenangan dan mandat secara profesional untuk melaksanakan pemberian layanan konseling. Dalam proses konseling , konselor yang aktif mengembangkan proses konseling melalui pendekatan, teknik dan asas-asas konseling terhadap klien. Dalam proses konseling pula, selain secara verbal, konselor juga dapat menggunakan media tulisan, gambar, media elektronik dan media pembelajaran lainnya.

Terkait dengan media lain, konselor juga dapat menggunakan psikotes sebagai sarana konseling. Penggunaan psikotes akan dipandang perlu jika memang konselor memerlukan penggalian lebih dalam mengenai kepribadian klien dan tergantung berat atau tidaknya masalah yang sedang dihadapi klien.

  • Klien; adalah seorang individu yang sedang mengalami masalah atau setidak-tidaknya sedang mengalami sesuatu yang ingin dia sampaikan kepada orang lain. Klien menanggung semacam beban, uneg-uneg atau mengalami suatu kekurangan yang ingin diisi atau ada sesuatu yang ingin atau perlu dikembangkan pada dirinya.

Ada hal yang harus menjadi pemahaman bersama bahwa tidak setiap orang yang datang menemui konselor dipastikan bahwa orang tersebut bermasalah secara kejiwaan. Orang-orang yang hidupnya memuaskan dan berkecukupan pun suatu saat akan mengalami gangguan emosional di saat-saat tertentu dan mungkin akan membutuhkan pertolongan. Sebagian besar orang akan menghadapi masalah krisis fisik, dana, tau emosi dan pada saat inilah akan membutuhkan bantuan konseling.

Masing-masing pribadi menghadapi masa-masa sulit dalam hidup mereka dengan cara mereka sendiri. Sebagian orang mampu menyelesaikan masalah-masalah emosional mereka dengan usaha mereka sendiri. Sebagian lain mungkin membicarakannya dengan pasangan, keluarga atau teman. Meski demikian, banyak juga orang yang tidak memiliki seseorang untuk berbagi persoalan pribadi dan cenderung memilih menyelesaikan masalah mereka dengan berbicara kepada konselor untuk meringankan beban persoalan mereka.

Layanan Bimbingan dan Konseling diselenggarakan Lembaga Pengembangan Humaniora agar civitas akademika UNPAR dapat mencapai perkembangan yang optimal secara akademis, psikologis dan sosial. Layanan ini membantu dalam mengatasi permasalahan terkait dengan studi maupun kehidupan pribadi. Mahasiswa dan karyawan dapat berkonsultasi untuk memecahkan permasalahan yang sedang dihadapi. Layanan Bimbingan dan Konseling juga mencakup tes psikologi bagi yang membutuhkan.

Pelayanan Konseling LPH- Unpar dilakukan di Jl. Ciloa No.3A Ciumbuleuit (belakang Gd 10). Waktu pelayanan konseling dibuka setiap hari kerja Senin –Kamis, Pk. 09.00 – Pk. 15.00 WIB ; Jumat 09.00-14.00 WIB

Atau bisa dengan membuat janji terlebih dahulu dengan Konselor:

Y B Anggono

Anggono, S. Psi             (081328767196)

Ext VOIP  220110

Ignatia Ria Natalia

Ignatia Ria Natalia, S. Psi     (081328063126)

Ext VOIP  220118